SHALAT

SHALAT

Shalat atau sering ditulis Salat (ejaan KBBI), Solat, Sholat (bahasa arab ) merujuk kepada salah satu ritual ibadat pemeluk agama Islam. Secara bahasa shalat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti : do’a. Sedangkan menurut istilah shalat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Praktik shalat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Rasulullah SAW sebagai figur pengejawantah perintah Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, Shalatlah kalian sesuai dengan apa yang kalian lihat aku mempraktikkannya. (HR Bukhari-Muslim).

Hukum shalat dapat dikategorisasikan sebagai berikut :

Fardhu, Shalat fardhu ialah shalat yang diwajibkan untuk mengerjakannya. Shalat Fardhu terbagi lagi menjadi dua, yaitu :

Fardhu ‘Ain : Ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain, seperti shalat lima waktu, dan shalat jum’at(Fardhu ‘Ain untuk pria).

Fardhu Kifayah : Ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. Kewajiban itu menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Akan tetapi bila tidak ada orang yang mengerjakannya maka kita wajib mengerjakannya dan menjadi berdosa bila tidak dikerjakan. Seperti shalat jenazah.

Nafilah (shalat sunnat), Shalat Nafilah adalah shalat-shalat yang dianjurkan atau disunnahkan akan tetapi tidak diwajibkan. Shalat nafilah terbagi lagi menjadi dua, yaitu ;

Nafil Muakkad adalah shalat sunnat yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib), seperti shalat dua hari raya, shalat sunnat witr dan shalat sunnat thawaf.

Nafil Ghairu Muakkad adalah shalat sunnat yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti shalat sunnat Rawatib dan shalat sunnat yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan, seperti shalat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana).

Banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran (Allah mengingatkan kita) agar senantiasa mendirikan shalat, diantarannya : “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”. (QS. Yusuf : 114)

Disitu Allah menekankan/mengingatkan kita bahwa segala perbuatan yang baik, seperti sodaqoh, mencari nafkah, membantu orang yang kesusahan dll. Tidak akan menjadi nilai ibadah/amal yang diterima disisi Allah apabila pekerjaan/kegiatan tersebut tidak dibarengi dengan Shalat.

Semua pekerjaan/kegiatan yang kita lakukan didunia ini akan sia-sia/percuma apabila kita meninggalkan shalat. Bahkan ada keterangan yang menyatakan bahwa : Apabila kalian meninggalkan shalat dalam sehari satu waktu saja (misalnya ashar), maka gugurlah semua amalan yang kamu kerjakan pada hari itu ( al hadist).

Mana mungkin, dosa-dosa yang telah kita kerjakan akan terhapus, apabila kita mengabaikan bahkan meninggalkan shalat. Hanya orang-orang yang berilmu dan yang ingat yang dapat menerima, memahami dan menjalankan segala perintah Allah, sebagaimana yang DIA terangkan dalam ayat tersebut.

Ingat!!! tanpa shalat kebahagiaan abadi yang kita idamkan mustahil dapat terwujudkan. Tak akan ada kata reuni yang paling menyenangkan, paling membahagiakan kecuali reuni yang Allah janjikan, dan shalat merupakan salah satu kendaraan bagi kita guna mencapai tempat reuni tersebut.

Semoga reuni-reuni kecil yang kalian pelopori/bentuk ini, merupakan percik-percik, untuk menuju Reuni Akbar yang abadi sebagaimana yang Allah janjikan, amien……

Wallahu’alam

Satu Tanggapan

  1. Amien .. Semoga
    Sapa tau bisa umroh atau naek haji bareng2 ya pak yudi hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: